Beranda > Uncategorized > PEMILIHAN BIBIT UNGGUL PADA TANAMAN PADI

PEMILIHAN BIBIT UNGGUL PADA TANAMAN PADI

PEMILIHAN BIBIT UNGGUL PADA TANAMAN PADI

 

 Benih merupakan salah satu input produksi yang mempunyai kontribusi cukup signifikan terhadap hasil produksi. Dengan demikian, dalam sustu system produksi pertanian diperlukan adanya ketersediaan benih dengan varietas yang berdaya dengan hasil tinggi dan mutu yang baik. Dalam pertanian modern, benih berperan sebagai delivery mechanism yang menyalurkan keunggulan teknologi kepada cliens (petani dan konsumen lainnya).

Untuk mencari bibit padi Unggul, kita harus memperhatikan betul benih tanaman padi yang sudah menguning yang akan segera dipanen di setiap sawahnya. Apabila setiap bulirnya terdapat banyak butir padinya, itu berarti padi akan menghasilkan lebih banyak. Ini termasuk padi yang bagus. Disamping banyak butir padinya, juga padat berisi di setiap butirnya. Tapi rupanya bukan hanya itu kriteria padi yang layak dipakai sebagai bibit, kita uga perlu memperhatikan apakah tinggi tanaman padinya sama tinggi. Meskipun menghasilkan banyak butir padi disetiap bulirnya dan setiap butirnya berisi, namun jika tinggi tanaman padi tidak cukup merata, variance ketinggiannya besar. Karena apabila tinggi tanamannya tidak rata, itu menandakan kualitasnya sudah mulai menurun, dan biasanya jika dipakai  sebagai bibit, maka hasil panennya tidak akan sebagus ketika pertama kali di pakai sebagai bibit .

Untuk memperoleh bibit unggul dapat juga dilakukan dengan seleksi dan hibridisasi kedua. Proses ini berkaitan erat sebelum dilakukan hibridisasi, dilakukan dulu proses seleksi-seleksi adalah pemilihan sifat – sifat Tanaman padi sesuai dengan sifat-sifat unggul yang dimilikinya.

 

 

 

 

 

 

 

Ketersediaan benih unggul secara memadai baik dari sisi jumlah maupun kualitas belum memadai. Untuk itu, upaya menumbuhkan dan mengembangkan penangkar local dalam upaya meningkatkan pasokan benih bermutu perlu terus dilakukan. Dalam upaya mendukung penggunaan benih unggul yang lebih banyak lagi, maka sebaiknya pemerintah dari sisi input tetap memberlakukan kebijakan subsidi pupuk dan subsidi benih. Namun demikian, agar kebijakan tersebut efektif sampai ditingkat petani maka perlu didukung oleh mekanisme pola pendistribusiannya yang lebih baik lagi. Penggunaan benih unggul juga perlu didukung dari sisi kebijakan harga gabah, mengingat harga gabah menjadi salah satu pertimbangan penting bagi petani dalam menanam padi varietas unggul.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads
Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.705 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: